Kepedulian untuk Sulawesi Tengah Juga Datang dari Merauke

Kepedulian untuk Sulawesi Tengah Juga Datang dari Merauke

Kepedulian untuk Sulawesi Tengah Juga Datang dari Merauke

18 Juli 2019, 19:23:53, Oleh : Admin, Dibaca : 179 kali

ACTNewsMERAUKE - Derita korban gempa dan tsunamidi Palu, Sigi, dan Donggala terdengar sampai ujung Indonesia, tepatnya di Kampung Telagasari, Distrik Kurik, Merauke. Dengan semangat untuk membantu sesama, ibu-ibu PKK Telagasari bergerak ke rumah-rumah warga. Mereka mengetuk pintu-pintu rumah dan mengajak warga lainnya untuk menyisihkan harta bagi saudara-saudara di sana.

Selama 5 hari tanpa letih, kegiatan amal tersebut terus dilakukan. “Kegiatan amal yang digerakkan ibu-ibu PKK ini sudah berlansung sejak Rabu (3/10) sampai Senin (7/10). Dan Alhamdulillah mereka ikut senang ikut membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala walaupun mereka sendiri hidup dengan keterbatasan,” ujar Yanto selaku relawan Global Wakaf - ACT di sana.

Hidup dalam keterbatasan, begitulah gambaran kehidupan petani di sana. Ibu-ibu PKK dan keluarga mereka mayoritas bermatapencarian sebagai petani. Beberapa dari mereka harus mengalami gagal panen. Sebagian lain bertani hanya untuk menyambung hidup semata, bukan mencari keuntungan.

“Masyarakat di sini sangat bersedih dengan apa yang menimpa saudara kita di sana. Mereka harus kehilangan rumahnya, keluarganya dan lahan pertanianya. Inilah yang membuat hati kami turut berempati. Walaupun kondisi sawah kami juga mengalami puso dan kekeringan, tapi timbul dalam hati kami bahwa kami harus membantu saudara-saudara kami,” lanjut Yanto.

Walaupun sumbangan tidak seberapa, tetapi empati yang diperlihatkan memperlihatkan kemurahan hati bangsa ini. “Memang tidak banyak, tapi kami berharap dengan infak dan sedekah kami bisa turut meringankan beban mereka yang kami salurkan melalui Global Wakaf - ACT,” ucap Yanto.

Ibu-ibu PKK tersebut sebagian besar merupakan istri-istri dari petani binaan Desa Wakaf yang merupakan program yang diinisiasi oleh Global Wakaf ACT. Para petani tinggal di Kampung Telagasi, namun mereka bertani di Kampung Ivy Mahad, Distrik Kurik, Merauke yang merupakan lokasi program Desa Wakaf.

Eka Setyawati selaku Supervisor Program Desa Wakaf menuturkan, keberadaan Desa Wakaf sangat membantu kehidupan para petani di sini. "Kehidupan mereka ibarat gali lubang tutup lubang. Kalau kekurangan modal, mereka mencoba meminjam ke pemodal yang dikenakan bunga. Namun, dengan adanya program Desa Wakaf, para petani diberikan bantuan modal tanpa bunga," papar Eka.

Walaupun hidup di tengah keterbatasan, istri-istri para petani binaan Desa Wakaf tetap bersemangat melakukan penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala. Keterbatasan tidak menjadi halangan bagi mereka untuk saling membantu tanpa melihat batas dan jarak.


Artikel Populer


Kerukunan Umat Beragama Indonesia
Kerukunan Umat Beragama Indonesia
Kerukunan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata benda (nomina) yang berasal dar...
Selengkapnya
Berilmu Sebelum Berdagang
Berilmu Sebelum Berdagang
Setiap orang menganggap mudah menjadi pedagang atau pebisnis. Yang...
Selengkapnya
Faedah Surat Yasin: Infakkanlah Rezekimu!
Faedah Surat Yasin: Infakkanlah Rezekimu!
Coba kaji dari surat Yasin ini akan ditemukan lagi bahasan penting...
Selengkapnya
Bolehkah Jual Beli dengan Sekedar Memajang Katalog di Internet?
Bolehkah Jual Beli dengan Sekedar Memajang Katalog di Internet?
Segala puji bagi Allah, Rabb pemberi segala nikmat. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muham...
Selengkapnya

Artikel Lainnya


Setahun Pendampingan Medis, Atian Berangsur Pulih
ACTNews, SUMATERA SELATAN - Empat tahun silam Ahmad Atian, mahasiswa Fa...
Paket Nutrisi untuk Lansia di Pesisir Bandar Lampung
ACTNews, PESAWARAN - Hiruk pikuk pengguna jalan tampak di seb...
Satu Hari Aksi Kemanusiaan di Sirenja, Donggala
ACTNews, DONGGALA – Setengah bulan sudah peristiwa gemp...
Tim Dapur Umum Antarkan Ratusan Paket Pangan untuk Pengungsi Palu
ACTNews, PALU - Memasuki pekan ketiga fase tanggap darurat di...
Pangan hingga Layanan Medis Jangkau Desa Terisolir di Sigi
ACTNews, SIGI - Sama seperti Palu dan Donggala, Kabupaten Sig...